Alternatif 10 Sistem Operasi Selain Windows

Di dunia modern ini banyak orang menggunakan komputer untuk banyak hal. Dimana komputer tersebut juga didukung dengan sistem operasi untuk para penggunanya dalam mengakses penggunaan komputer. Sistem operasi ini menjadi sebuah elemen penting bagi suatu komputer. Dengan sistem operasi yang baik dan nyaman bagi penggunanya, maka aneka macam software bisa dijalankan di komputer tersebut.

Salah satu jenis Sistem Operasi yang paling populer dan sering digunakan di berbagai tempat seperti Windows. Sistem Windows di masa kini paling banyak digunakan di situs daftar joker123 di berbagai tempat, seperti contohnya di kantor tempat bekerja maupun laboratorium tempat belajar. Namun selain dari itu, masih ada banyak sistem operasi lain yang juga memudahkan aktivitas penggunanya. Aneka macam sistem operasi yang ditawarkan oleh perusahaan lain ini juga menonjolkan akan fitur dan aneka manfaatnya bagi para pengguna. Sehingga dalam beberapa kali aneka sistem operasi lain juga banyak diminati oleh para penggunanya

Aneka sistem operasi tersebut masih terus berkembang hingga masa kini. Jika ada salah satu dari mereka yang sudah tidak melakukan pengembangan, maka produknya akan tertinggal dengan kemajuan zaman yang terus berkembang tiap detiknya. Hingga bahkan sistem operasi tersebut dapat lenyap keberadaannya dari pasaran.

1. Linux

Jenis Sistem Operasi yang satu ini menjadi salah satu jenis alternatif yang cukup sering digunakan oleh banyak penggunanya. Sistem Operasi ini juga menawarkan akan berbagai macam hal sebagai fiturnya. Contohnya seperti fitur Ubuntu, Mint, serta juga FreeBSD. Sistem ini mengusung kan maskot berbentuk penguin sebagai ikon pemasarannya. Pada masa kini masih sering ditemukan beberapa pengguna OS ini yang

2. Chrome OS

Sistem Operasi yang satu ini secara langsung dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google. Sehingga tentu selain OS Windows, jenis yang satu ini juga cukup populer dan digunakan oleh banyak penggunanya. OS Chrome ini juga sering disebut sebagai sistem operasi yang cukup mudah dan serta ukurannya relatif cukup ringan untuk digunakan di berbagai PC hingga laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi sekalipun. Aneka software yang dapat digunakan di OS ini juga tersedia begitu banyak di toko virtual besar Play Store dan bisa langsung diunduh secara mudah untuk digunakan.

3. Steam OS

Sistem Operasi yang satu ini memiliki kemiripan di bagian sistem dasarnya dengan Linux. Terlebih lagi satu keunggulan yang dimiliki oleh OS ini yaitu  sistem operasinya yang begitu baik dan terfokus untuk penggunaan dalam aktivitas bermain game. Sehingga banyak kalangan gamer akan cukup menyukai untuk menggunakan OS ini dalam aktivitas gamingnya. Sistem operasi ini sudah muncul sejak tahun 2013 lalu dan masih terus dikembangkan di masa kini.

4. Android

Sistem Operasi Android ini lebih populer dalam penggunaan aneka jenis smartphone keluaran terkini. Dengan fitur sederhana yang mudah untuk digunakan menggunakan banyak jenis smartphone populer dengan fitur OS yang dimilikinya, terutama dengan pengaruh akan persaingan jenis handphone yang begitu banyak dan beragam di masa kini.

Namun para pengguna komputer juga dapat tetap menggunakan jenis OS ini dengan tambahan aplikasi yang diinstalkan untuk menggunakan perangkat ini. Namun jika anda hanya ingin mencoba pengalaman menggunakan OS ini di komputer, banyak pakar lebih menyarankan untuk menginstall Chrome sebagai OS utama yang digunakan di komputer. Maka dari itu fitur Android bisa hanya digunakan secara cukup sederhana, yaitu hanya seperti membuka website browser tertentu di komputer untuk menjalani aktivitas seperti menggunakan aneka aplikasi handphone di dalam komputer.

Proses menggunakan OS ini akan cukup bermanfaat dalam aktivitas pemindahan data dari komputer atau laptop ke handphone dengan menggunakan OS tersebut 

5. Mac OS

Sistem Operasi yang satu ini merupakan produk dari perusahaan Apple. Dan OS ini menjadi salah satu perusahaan besar yang sudah sangat berkembang sejak jaman dahulu. Perusahaan pemiliknya adalah Apple yang dipeloporkan oleh Steve Jobs dan rekan-rekannya. Aneka komputer rakitan juga juga dapat digunakan untuk menginstall Sistem Operasi yang satu ini. Hanya saja sedikit membutuhkan perjuangan lebih untuk dapat mengaktifkan OS satu ini agar dapat berjalan dengan baik di jenis komputer yang tidak resmi dari Apple.

6. Haiku

Di masa lalu sempat ada satu perusahaan yang menjadi pesaing dari Sistem Operasi Perusahaan Windows. Pada waktu itu perkembangan belum secanggih masa kini, hingga Windows juga belum berdiri sebagai Sistem operasi yang sangat populer seperti saat ini. Pada waktu itu hanya MacOS yang sudah berkembang dengan begitu canggihnya akan aneka fitur yang ditawarkan. Sehingga ada sebuah perusahaan perancang Sistem Operasi lain yang menjadi pesaing Windows secara cukup ketat yang bernama BeOS. Hanya saja sistem operasi ini tidak berhasil bertahan dan turut serta berkembang untuk bersaing dengan aneka sistem operasi lainnya. Sehingga keberadaannya larut dalam persaingan dan hilang dari pasar. Sistem BeOS ini kemudian menciptakan suatu implementasi yang dikenal dengan nama Haiku. 

7. eComStation

OS eComStation ini dikenal dengan nama populernya yaitu IBM. Dimana sistem operasi ini menjadi suatu perusahaan teknologi besar yang sangat berkembang pada tahun 1990-an. Meskipun pada masa kini jenis OS yang satu ini sudah tidak terlalu dikembangkan lagi, namun perusahaan ini pernah mencatatkan riwayat karya yang telah dihasilkan. Di masa lampau dimana perkembangan teknologi belum secanggih masa kini, perusahaan ini telah menciptakan sistem operasi dengan nama OS/2. Dan dalam perkembangannya sistem operasi ini mengubah namanya menjadi eComStation saat telah dipegang kendalinya oleh perusahaan lain.

8. ReactOS

OS berjenis React ini mengambil contoh pengembangan dari Windows NT sebagai inspirasi sekaligus panutan bagi pengembangan sistem operasinya. Maka dari itu bagi para penggunanya yang sudah sangat terbiasa dengan sistem Windows, beralih mencoba sistem ini tidaklah akan menjadi suatu hal yang sulit. Dengan berbagai kemiripan dan hanya sebagian kecil perbedaan diantaranya, pengalaman para user dalam menggunakan OS ini dapat dibilang relatif sama persis seperti OS Windows. Maka untuk anda yang tertantang ingin mencoba menggunakan OS baru namun tidak mau ribet mempelajarinya dulu secara panjang, OS React ini dapat dijadikan pilihan.

9. Syllable

Sistem operasi yang satu ini cukup ringan. Meski begitu proses untuk penggunaannya cukup lebih rumit dibanding jenis OS lainnya. Sehingga hanya kalangan para pengembang teknologi yang lebih terbiasa untuk menggunakan sistem ini. Sesuai dengan fiturnya, sistem ini juga memberikan tata cara penggunaan komputer yang lebih mendalam dan lebih menantang yang sangat berguna dalam melatih cara berpikir menyelesaikan masalah bagi kalangan peneliti dan pengembang teknologi.

10. SkyOS

Sistem Operasi yang satu ini tidak merupakan program yang gratis. Untuk bisa menggunakannya, para pelanggan harus membayar dengan sistem berlangganan terlebih dahulu. Sehingga atas dasar hal itu banyak pihak yang tidak terlalu menggunakan OS ini jika dirasa tidak terlalu perlu akan fitur yang disediakan. Namun belakangan pada perkembangannya di versi 2013, OS ini bisa menjadi digunakan secara gratis. Namun perusahaan ini tidak berlanjut secara lama. Pengembangannya sudah dihentikan pada 2009 yang lalu.

Jika anda merasa jenuh dengan sistem operasi yang biasa digunakan, atau ingin mencoba jenis baru yang ditawarkan dari jenis perusahaan pengembang OS yang lain. Anda bisa mempertimbangkan untuk mencoba salah satu dari sistem operasi yang dibahas ini. Meskipun masih harus dilakukan proses penyesuaian dalam mengganti sistem operasi yang digunakan. Dimana hal ini umumnya sangat berpengaruh pada penggunaan software dan pengembang teknologi yang perlu disesuaikan dengan komputer atau laptop tersebut. Tidak menutup kemungkinan untuk proses mengubah ini perlu untuk sedikit mengutak-atik dan melakukan perubahan pada bagian sistem perangkat yang digunakan. Namun tentunya dengan faktor teknologi di masa kini, hal tersebut sudah tidak menjadi masalah besar lagi. Karena banyak informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui informasi lengkap yang terdapat di media internet.

Comments are Disabled